Analisa Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Elektif Di Ruang Kenanga BRSU Dr.H Soewondo Kendal

Posted: March 12, 2011 in Keperawatan (S1)

ABSTRAK

Judul:
Analisa Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Elektif Di Ruang Kenanga BRSU Dr.H Soewondo Kendal.

Pasien pre operasi efektif dapat mengalami berbagai ketakutan, takut terhadap anestesi, takut nyeri atau kematian, takut tentang ketidaktahuan selain itu pasien mengalami kekhwatiran lain seperti masalah finansial, tanggung jawab terhadap keluarga, dan kewajiban pekerjaan atau ketakutan akan prognosis buruk atau kemungkinan kecacatan dimasa akan datang dan ancaman ketidakmampuan permanent yang lebih jauh, hal ini memperberat ketegangan emosional yang sangat hebat yang diciptakan oleh prospek pembedahan. Berdasarkan observasi pada bulan Agustus -September 2007 di BRSU Dr H Soewondo Kendal, diketahui jumlah pasien yang dilakukan operasi elektif diruang kenanga sebanyak 110. Hasil wawancara dengan pasien yang akan menjalani operasi elektif mengatakan bahwa mereka mengalami kecemasan. yang timbul karena akan menjalani operasi.

Mengetahui analisa faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi elektif di Ruang Kenanga BRSU Dr.H Soewondo Kendal. Metode yang digunakan pada penelitian ini mengunakan metode analitik dengan pendekatan Quota Sampling, data variabel dikumpulkan secara bersamaan. Penelitian ini dilakukan pada pasien pre operasi elektif di Ruang Kenanga pada bulan November-Desember 2007 sebanyak 86 orang.
Hasil uji Chi-Square menunjukkan hasil bahwa Kesimpulan: umur pasien pre operasi elektif sebanyak 43 orang (50%) berada pada umur 51-60 tahun , atus pendidikan sebanyak 32 orang (37,2%) berada pada status pendidikan SMA, pendapatan sebanyak 55 orang (64,0%) berada pada pendapatan Rp < 650 ribu, pengetahuan sebanyak 32 orang (37,2%) berada pada pengetahuan yang kurang baik, tipe kepribadian sebanyak 47 orang (54,7%) berada pada tipe kepribadian pada tipe A, tidak ada hubungan yang bermakna antara umur dengan tingkat kecemasan pasien pre operasi elektif dengan nilai p-value 0,949, ada hubungan yang bermakna antara pendidikan dengan tingkat kecemasan pasien pre operasi elektif dengan nilai p-value 0,005, ada hubungan yang bermakna antara pendapatan dengan tingkat kecemasan pasien pre operasi elektif dengan nilai p-value 0,032, ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan tingkat kecemasan pasien pre operasi elektif dengan nilai p-value 0,000, ada hubungan yang bermakna antara tipe kepribadian dengan tingkat kecemasan pasien pre operasi elektif dengan nilai p-value 0,000
Bagi perawat dan orangtua untuk selalu mendampingi anak selama dirawat, agar tingkat kecemasan berkurang.

Kata Kunci: Faktor-faktor kecemasan, Pasien Pre Operasi Elektif
Daftar Pustaka : 26 (1990-2005)

================================================================
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pembedahan atau operasi adalah suatu tindakan pengobatan yang menggunakan cara invasif dengan membuka atau menampilkan bagian tubuh yang akan ditangani.(1) Pasien pre operasi efektif dapat mengalami berbagai ketakutan, takut terhadap anestesi, takut terhadap nyeri atau kematian, takut tentang ketidaktahuan selain ketakutan-ketakutan tersebut pasien juga mengalami kekhwatiran lain seperti masalah finansial, tanggung jawab terhadap keluarga, dan kewajiban pekerjaan atau ketakutan akan prognosis buruk atau kemungkinan kecacatan dimasa akan datang dan ancaman ketidakmampuan permanent yang lebih jauh, hal ini memperberat ketegangan emosional yang sangat hebat yang diciptakan oleh prospek pembedahan. (1)
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan yaitu faktor umur, status pendidikan, status ekonomi (pendapatan), tipe kepribadian, potensi stressor, maturasi (kematangan), keadaan fisik seseorang, sosial budaya dan lingkungan atau situasi berdampak dan saling berhubungan dengan timbulnya suatu tingkat kecemasan pada pasien dengan pre operasi. elektif. Khusus pada tipe kepribadian pasien pre operasi elektif berbeda-beda. Kepribadian merupakan segala bentuk pola pikiran, emosi, dan perilaku yang berbeda serta mempunyai karakteristik yang menentukan gaya personal individu dan mempengaruhi interaksinya dengan lingkungan. Tipe-tipe kepribadian menurut Jung, terdiri dari tipe introvert dan ekstrovert. Ciri-ciri seseorang dengan dengan tipe introvert adalah sulit bergaul, tertutup, sulit berhubungan dengan orang lain dan penyesuaian diri dengan lingkungan sekitar kurang baik. Hal ini akan menyebabkan seseorang sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan rumah sakit tempat anak dirawat. Selain itu, anak juga akan bertemu dengan orang-orang baru yang dianggap asing. Tipe ekstrovert pada orang biasanya memiliki ciri-ciri mudah bergaul, terbuka, hubungan dengan orang lain lancar dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Hal ini akan menyebabkan seseorang lebih terbuka, lebih tenang serta dapat mengurangi rasa cemas dalam menghadapi pra operasi. (2)
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di BRSU Dr H Soewondo Kendal diperoleh data bahwa pada bulan Agustus -September 2007 jumlah pasien yang dilakukan operasi elektif diruang kenanga sebanyak 110 orang sesuai data dari rekan medik tempat pasien dirawat. Hasil wawancara dengan pasien yang akan menjalani operasi elektif mengatakan bahwa mereka mengalami kecemasan, hal ini menimbulkan suatu fenomena dan perlu dilakukan asuhan keperawatan pada pasien yang akan menjalani operasi dan untuk melakukan asuhan keperawatan yang berkualitas maka perawat perlu mengetahui faktor apa saja yang dapat menimbulkan kecemasan pada pasien yang akan menjalani operasi, oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi elektif di ruang kenanga BRSU Dr H Soewondo Kendal.
B. Perumusan Masalah
Analisis faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi elektif di ruang kenanga BRSU Dr.H Soewondo Kendal.

C. Tujuan Penelitian
1. Tujuan Umum
Untuk mengetahui analisis faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi elektif di ruang kenanga BRSU Dr.H Soewondo Kendal.
2. Tujuan Khusus
a. Mengidentifikasikan umur dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi elektif di ruang kenanga BRSU Dr.H SoewondioKendal.
b. Mengidentifikasikan status pendidikan dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi elektif di ruang kenanga BRSU Dr.H Soewondo Kendal.
c. Mengidentifikasikan status ekonomi (pendapatan) dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi elektif di ruang kenanga BRSU Dr.H Soewondo Kendal.
d. Mengidentifikasikan pengetahuan dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi elektif di ruang kenanga BRSU Dr.H Soewondo Kendal.
e. Mengidentifikasikan tipe kepribadian dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi elektif di ruang kenanga BRSU Dr.H Soewondo Kendal.
f. Menganalisis hubungan umur dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi elektif di ruang kenanga BRSU Dr.H Soewondo Kendal.
g. Menganalisis hubungan status pendidikan dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi elektif di ruang kenanga BRSU Dr. H Soewondo Kendal.
h. Menganalisis hubungan status ekonomi (pendapatan) dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi elektif di ruang kenanga BRSU Dr. H Soewondo Kendal.
i. Menganalisis hubungan pengetahuan dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi elektif di ruang kenanga BRSU Dr. H Soewondo Kendal.
j. Menganalisis hubungan tipe kepribadian dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi elektif di ruang kenanga BRSU Dr.H Soewondo Kendal.

D. Manfaat Penelitian
1. Bagi Masyarakat
Sebagai informasi bagi masyarakat mengenai analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi elektif.
2. Bagi Rumah Sakit
Sebagai masukan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan dan meningkatkan efektifitas dalam pemberian asuhan keperawatan pada pasien pre operasi elektif
3. Bagi Pendidikan
Sebagai tambahan referensi dalam penelitian lanjutan dan bahan pertimbangan bagi yang melakukan penelitian sejenis.
4. Bagi Peneliti
Dapat menambah pengetahuan peneliti di bidang keperawatan bedah dan menambah pengalaman dalam melaksanakan penelitian dan penulisan skripsi dengan daftar teori yang telah peroleh serta sebagai dasar penelitian lain guna mengembangkan ilmu pengetahuan.

(download komplet : bab1, bab2, bab3, bab4, bab5, daftarpustaka, kuesioner)
kes (35)

About these ads
Comments
  1. edoy says:

    tanks bro ni contpoh buat kti sy

    • budishmily says:

      sama2 bro,,,,kalau ada yang lain atau teman2nya butuh,,,bisa kirim permintaan judulnya atau tentang apa yang mau diteliti,,,, tanks semoga bermanfaat,,,,

      • andriana says:

        saya butuh contoh skripsi dengan judul “hubungan pengetahuan psien pd psien pre op dgn general anesthesi terhadap kecemasan “

  2. abory says:

    mas ada judul jiwa tentang pengaruh terapi aktivitas kelompok stimulasi persepsi mendengarkan musik terhadap peningkatan respon sensori pada klien harga diri rendah g.,.,>?
    thx b4

  3. nur says:

    thnk u…bs buat inspirasi ne,he
    v ada g’ KTI yg berhubungan dengan pengguna narkoba…tertarik ke arah situ nih…thnk b4

  4. zakiah putriyani says:

    Mas da contoh skripsi dengan judul “hubungan pengetahuan dan sikap perawat sebagai pelaksana dalam penanganan pasien stroke non hemoragik” atau ” faktor – faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan keluarga pada pasien stroke non hemoragik”. ngak mas…???

  5. Abim Tri Bintang says:

    gan saya butuh nama yang buat skripsi ini, untuk dijadikan referensi pada skripsi saya

  6. andy says:

    bro…nm asli yg bikin skripsi sp ya,,,,,ku butuh untk di daftr pustaka…

    • budishmily says:

      MISANAH, 2007, SKRIPSI : ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI ELEKTIF DI RUANG KENANGA BRSUD Dr. H. SOEWONDO KENDAL, KENDAL : SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN KENDAL.

  7. Nely Naily says:

    mas ada judul hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pasien pre operasi trimz ya…………

  8. putra says:

    bro, angka (1) , (2), (3) dll disetiap akhir kalimat… itu maksudnya apaan…?

  9. boz….napa saat di download malah file nya berformat .exe?????

  10. fahrilla says:

    mas.ada skripsi tentang faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa gak??

  11. anonim says:

    gan, bab iii d hapus ya..? mau liat cara perhitungan kuisionernya gan di definisi operasional.. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s