DAMPAK POLA KONSUMSI MAKAN MASAKAN PADANG DITINJAU DARI ASPEK KESEHATAN DAN STATUS GIZI

Posted: March 12, 2011 in Gizi (D3)

RINGKASAN KARYA TULIS

Kebudayaan dapat diartikan “hal-hal yang bersangkutan dengan akal”. Ada sarjana lain yang mengupas kata budaya sebagai suatu perkembangan dari majemuk budi-daya, yang berarti daya dari budi. Karena itu mereka membedakan “budaya” dari “kebudayaan”. “Budaya” adalah “daya dari budi” yang berupa cipta, karsa dan rasa , sedangkan “kebudayaan” adalah hasil dari cipta, karsa dan rasa itu.
Masakan Padang merupakan salah satu kebudayaan yang terkenal di Indonesia. Masakan Padang dikenal dengan masakan yang berbumbu tajam karena banyak menggunakan rempa-rempah dan cabai, bersantan dan juga tinggi lemak. Selain masakannya, cara penyajiannya pun berbeda dari warung makan lainnya dan juga warung makan yang berbentuk rumah adat Padang.
Dengan berkembangnya jaman, banyak orang yang tidak sempat memasak sendiri. Sebab itu banyak orang yang memilih masakan Padang, karena masakan Padang memiliki hal yang diinginkan oleh orang-orang yang tidak sempat memasak sendiri di rumah.
Contoh masakan Padang antara lain rendang, ayam pop, paru goreng, gulai banding, teri balado, sate Padang, gulai cincang kambing/ sapi, dan masih banyak lagi.
Komposisi zat gizi yang terkandung di dalam masakan Padang sebenarnya lengkap, dari segi kalori, protein namun banyak mengandung tinggi lemak jenuh, karena masakan Padang banyak menggunakan santan dan lemak. Lemak merupakan sumber energi yang dipadatkan. Tiap gram lemak menghasilkan 9 kalori, 1 gram karbohidrat dan protein menghasilkan 4 kalori.
.Pencernaan lemak dalam tubuh dibantu dengan bantuan empedu. Yaitu lemak yang belum teremulsi, dalam lambung dengan bantuan empedu diubah menjadi lemak yang sudah teremulsi dan selanjutnya bersama-sama dengan lemak yang memang teremulsi akan masuk kedalam usus halus.Di dalam usus halus lemak-lemak yang teremulsi tadi dengan bantuan enzim intestinal lipase dan pencreatik lipase akan diubah kedalam 3 struktur yang lebih sederhana.

Fungsi lemak yaitu antara lain sebagai penghasil energi, pembentuk susunan tubuh, menghemat protein, penghasil asam lemak esensial, pelarut vitamin, sebagai pelumas diantara persediaan dan masih banyak lagi. Pada masakan Padang, lemak berfungsi untuk memperbaiki tekstur dan citarasa bahan makanan juga sebagai penghantar panas. Selain itu merupakan ciri khas masakan Padang.
Namun jika mengkonsumsi lemak secara berlebihan maka akan menyebabkan penyakit bahkan dapat menimbulkan kematian. Antara lain penyakit kanker empedu, sindrom malabsorpsi, hiperlipidemia, hiperkolesteremia, hipertrigliserida, obesitas, penyakit hati akut dan kronis, hiperkolesteremia sekunder, hiperlipidemia sekunder, dan masih banyak lagi.
Untuk dapat mencegah hal tersebut maka kita harus mengetahui berapa besar lemak yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain itu dengan berolah raga, banyak mengkonsumsi serat, dan menghindari mengkonsumsi lemak berlebih dengan diet sehat.
Karya Tulis ini bertujuan untuk mengetahui kadar lemak pada masakan Padang dan dampak dari pola mengkonsumsi masakan Padang yang sering ditinjau dari kesehatan dan kandungan gizinya. Sehingga dapat memberi tahu kepada masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang sehat agar tubuh tetap sehat.
Data ini diambil dari berbagai pustaka yang ada di perpustakaan Fakultas Ilmu Keperawatan Dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang. Yang diilakukan pada bulan Juli sampai Agustus 2006.
Kesimpulan dari Karya Tulis ini adalah mengetahui kebudayaan masakan Padang dari cara penyajian, cara makan, dan bentuk warung makannya, gambaran masakan Padang yang tinggi lemak, ciri khas masakan Padang yang banyak menggunakan rempah-rempah, santan dan cabai, mengetahui kandungan gizi pada masakan Padang, dan mengetahui dampak dari mengkonsumsi lemak yang berlebihan.

(download komplet : bab1-5)
kes (350)

About these ads
Comments
  1. Senk says:

    THANK YOU SO MUCH !! :D
    Ni posting helpfull banget, ,

  2. budishmily says:

    sama2,,,semoga bermafaat,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s