PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA SWALAYAN “ASSGROS SARTIKA” GEMOLONG DI KABUPATEN SRAGEN

Posted: March 13, 2011 in Pemasaran

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Kemajuan dibidang perekonomian selama ini telah banyak membawa akibat
perkembangan yang pesat dalam bidang usaha. Sejalan dengan hal tersebut
banyak bemunculan perusahaan dagang yang bergerak pada bidang perdagangan
eceran (retailing) yang berbentuk toko, mini market, departement store (toserba),
pasar swalayan (supermarket) dan lain-lain. Hal tersebut akan menimbulkan
persaingan diantara perusahaan-perusahaan tersebut. Agar perusahaan dapat
memenangkan persaingan tersebut mereka memanfaatkan peluang-peluang bisnis
yang ada dan berusaha untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat dalam
rangka untuk menguasai pasar. Penguasaan pasar merupakan salah satu dari
kegiatan-kegiatan pokok yang dilaksanakan oleh para pengusaha dalam usahanya
untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya, berkembang dan
mendapatkan laba semaksimal mungkin. Hal tersebut bisa tercapai bila konsumen
merasa puas akan kinerja produk yang ditawarkan oleh pengusaha.
Menurut Schanaars (dalam Tjiptono 2000:24) kepuasan pelanggan
merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu usaha, hal ini dikarenakan dengan
memuaskan konsumen, organisasi atau perusahaan dapat meningkatkan tingkat
keuntungannya dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas. Sedangkan
Tjiptono (1997:162) pada dasarnya tujuan dari suatu bisnis adalah menciptakan
para pelanggan yang merasa puas. Terciptanya kepuasan pelanggan dapat
memberikan beberapa manfaat, diantaranya hubungan antara perusahaan dan
pelanggannya menjadi harmonis, memberikan dasar yang baik bagi pembelian
ulang dan terciptanya loyalitas pelanggan, dan membentuk suatu rekomendasi dari
mulut ke mulut (word-of-mount) yang menguntungkan bagi perusahaan
(Tjiptono,2000:68).
Konsumen yang loyal merupakan kunci sukses suatu bisnis atau usaha.
Mempertahankan konsumen yang loyal memang harus mendapatkan prioritas
yang utama dari pada mendapatkan pelanggan yang baru. Hal ini disebabkan
bahwa untuk merekut atau mendapatkan pelanggan baru bukanlah hal yang
mudah karena akan memerlukan biaya yang banyak, maka sangatlah rugi bila
perusahaan melepas konsumen yang loyal atau pelanggan secara begitu saja.
Menurut Swatha dan Irawan (2002:122) faktor-faktor yang mempengaruhi
akan loyalitas adalah harga, penggolongan dan keragaman barang, lokasi penjual
yang strategis dan mudah dicapai, desain fisik toko, service yang ditawarkan pada
pelanggan, kemampuan tenaga penjual dan pengiklanan serta promosi di toko.
Salah satu unsur kunci dalam persaingan diantara bisnis eceran adalah
ragam produk yang disediakan oleh pengecer. Oleh karena itu, pengecer harus
membuat keputusan yang tepat mengenai keragaman produk yang dijual, karena
dengan adanya macam-macam produk dalam arti produk yang lengkap mulai dari
merk, ukuran, kualitas dan ketersediaan produk setiap saat seperti yang telah
diuraikan diatas. Dengan hal tersebut maka akan memudahkan konsumen dalam
memilih dan membeli berbagai macam produk sesuai dengan keinginan mereka.
Sesuatu yang diinginkan oleh konsumen adalah bagaimana cara untuk
mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan serta menyediakaan beranekaragam
produk dan alternatif pilihan, harga yang bersaing, pelayanan dan fasilitas yang
memuaskan serta suasana berbelanja yang nyaman semuanya terdapat dalam satu
toko atau dengan nama lain yaitu pasar swalayan.
Disamping memperhatikan keragaman produk perusahaan yang bergerak
dibidang retail harus juga berupaya untuk memberikan pelayanan yang baik,
sebab pelayanan yang berkualitas merupakan salah satu cara untuk menarik dan
mempertahankan konsumen. Pelayanan harus diperhatikan karena dalam memilih
suatu produk atau jasa konsumen selalu berupaya untuk memaksimalkan nilai
yang dirasakan. Apabila konsumen merasa nilai yang dirasakan lebih tinggi dari
pada yang diharapkan maka konsumen akan merasa pu8as dan cenderung akan
loyal.
Swalayan merupakan sebuah toko yang menganut operasi swalayan,
volume harga barang tinggi, laba sedikit biaya murah. Toko ini dirancang untuk
memenuhi kebutuhan konsumen baik makanan, minuman ataupun barang-barang
rumah tangga yang lain yang tidak memerlukan keterangan lebih lanjut.
Keberadaan swalayan Assgros Sartika Gemolong merupakan tempat
perbelanjaan yang strategis dan terletak di Jalan Sukowati yang mana merupakan
pusat keramaian kota. Konsumen dimungkinkan tidak mengalami kesulitan untuk
datang ke swalayan Assgros Sartika, hal ini dikarenakan alat transportasi yang
mudah ditemui sehingga swalayan Assgros Sartika mudah untuk dijangkau.
Kepuasan konsumen yang menimbulkan loyalitas konsumen merupakan
penentuan konsumen untuk berbelanja. Dalam penelitian ini, penulis akan
membahas mengenai keragaman produk dan pelayanan. Sedangkan untuk
penggolongan, lokasi, promosi tidak dijelaskan karena swalayan Assgros Sartika
tidak melakukan promosi dan tiap-tiap produk yang dijual di swalayan merupakan
tanggung jawab produsen untuk melakukan promosi bagi produknya masing-
masing.
Tabel 1.1. Omzet Pendapatan Swalayan Assgros Sartika Pada
Semester II Tahun 2005

Bulan Omzet Pendapatan Macam Produk
( dalam buah)
Juli 325.200.000 107
Agustus 315.750.000 107
September 322.500.000 107
Oktober 465.500.000 107
Nopember 385.500.000 107
Desember 330.000.000 107

Sumber Data: Swalayan Assgros Sartika 2006
Berdasarkan tabel diatas bahwa omzet penjualan pada Swalayan Assgros
Sartika cenderung mengalami perubahan. Perubahan omzet penjualan yang
sangat terasa pada bulan Oktober, dikarenakan pada awal bulan November
tersebut terdapat hari raya Idul Fitri, konsumen cenderung berbelanja lebih
banyak untuk menyongsong hari besar tersebut. Omzet yang cenderung naik
tersebut dapat dijadikan indikasi bahwa konsumen lebih senang berbelanja di
Swalayan Assgros Sartika karena banyak faktor. Namun, pada bulan Agustus dan
November omzet penjualan mengalami penurunan, sedangkan pada bulan
Desember mengalami penurunan lagi di bandingkan bulan sebelunmya walaupun
pada bulan itu terdapat hari raya Natal dan Tahun Baru, hal ini dapat dikarenakan
masyarakat di Gemolong sebagian besar memeluk agama Islam. Faktor-faktor
yang menentukan adanya motif langganan (Swastha dan Irawan, 2002: 122)
adalah : harga, penggolongan dan keragaman barang, lokasi penjual yang strategis
dan mudah dijangkau, desain fisik toko, service yang ditawarkan pada pelanggan,
kemampuan tenaga penjual, pengiklanan dan sales promosi di toko.
Swalayan Assgros Sartika sebenarnya bukanlah satu-satunya pasar
swalayan yang berada di Gemolong, masih ada dua lainnya yaitu LESTARI
BARU Swalayan dan LUWES Swalayan dan ketiganya relatif sama besarnya
dalam luas bangunannya. Menurut pengamatan sementara peneliti, terdapat
kesenjangan antara Assgros Sartika Swalayan dengan swalayan lainnya. Assgros
Sartika swalayan cenderung lebih sepi dan jarang dikunjungi konsumen di
bandingkan dengan swalayan lainnya walaupun sudah melakukan promosi dan
mempunyai lokasi yang berdekatan dengan pusat kota yang strategis, serta
keragaman produk yang relatif lengkap dan harga yang relatif sama dibandingkan
dengan swalayan lainnya. Berdasarkan latar belakang diatas, penulis tertarik
untuk mengadakan penelitian terhadap konsumen pada Asgros Sartika swalayan
dengan judul “PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN PELAYANAN
TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA SWALAYAN ASSGROS
SARTIKA GEMOLONG”

1.2 Identifikasi Masalah
Masalah yang akan diteliti berdasarkan pada judul dan latar belakang
permasalahan sebagai berikut : Adakah pengaruh keragaman produk dan
pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Swalayan Assgros Sartika
Gemolong.

1.3 Tujuan Penelitian
Sesuai dengan perumusan masalah diatas, maka tujuan penelitian ini adalah
sebagai berikut: Untuk mengetahui adakah pengaruh antara keragaman produk
dan pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Swalayan Assgros Sartika
Gemolong.

1.4 Kegunaan Penelitian
Melalui hasil penelitian ini, semoga dapat memberikan kegunaan :
A. Kegunaan Teoritis
Melalui hasil penelitian ini, semoga dapat memberikan kegunaan :
1. Bagi peneliti lebih lanjut
Penelitian ini dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dan untuk
meneliti lebih lanjut dengan menggunakan variabel yang berbeda.
2. Bagi pembaca
Semoga hasil penelitian ini sangat bermanfaat bagi para pembaca
sebagai sarana untuk menambah pengetahuan mengenai penelitian
pemasaran.
B. Kegunaan Praktis
Harapan penulis dari hasil penelitian ini dapat memberikan kegunaan yang
berarti, terutama sebagai pedoman bagi pengelola Assgros Sartika
Swalayan Gemolong menentukan kebijakan untuk meraih pangsa pasar.

1.5 Sistematika Skripsi
Sistematika skripsi disusun dengan tujuan agar pokok masalah dapat
dibahas secara urut dan terarah. Adapun sistematika skripsi ini terdiri dari tiga
bagian yaitu bagian pendahuluan, bagian isi dan bagian akhir skripsi.
1. Bagian Pendahuluan terdiri dari : halaman judul, halaman pengesahan,
pernyataan, moto dan persembahan, prakata, sari, daftar isi, daftar tabel, daftar
gambar dan daftar lampiran.
2. Bagian Isi terdiri dari lima bab yaitu : Bab I : Pendahuluan, berisi tentang
latar belakang masalah, identifikasi masalah, kegunaan penelitian, serta
sistematika skripsi. Bab II : Landasan teori dan hipotesis, berisi tentang uraian
tentang beberapa konsep teoritis yang mendasari penelitian ini yaitu
membahas tentang pengertian kepuasan pelanggan, penetapan harga, kualitas
pelayanan serta desain dan tata letak, kerangka berfikir dan hipotesis. Bab III :
Metodologi penelitian, pada bab ini diuraikan tentang populasi penelitian,
sampel penelitian, variabel penelitian, metode pengumpulan data, validitas
dan realibilitas instrumen penelitian dan analisis data. Bab IV : Hasil
penelitian dan pembahasan, pada bab ini diuraikan tentang hasil penelitian dan
pembahasan dari hasil penelitian. Bab V : Penutup, yang berisikan simpulan
dan saran hasil penelitian.
3. Bagian akhir skripsi berisi tentang daftar pustaka dan lampiran-lampiran

 

download komplet : bab1-5)

doc (184)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s