UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD DUKUHWARU 03 DALAM MENCARI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL MELALUI ALAT PERAGA LIPATAN KERTAS YANG ADA LAMBANG BILANGANNYA

Posted: March 22, 2011 in Matematika

BAB I

PENDAHULUAN

A. Alasan Pemilihan Judul

Semangat yang terkandung dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun
2004 tentang Pemerintahan Daerah, khususnya pasal 14 ayat (1) disebutkan,
bahwa urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintahan daerah untuk
kepentingan kabupaten/kota merupakan urusan yang berskala kabupaten/kota.
Salah satunya pemerintah daerah adalah sebagai penyelenggara pendidikan.
Artinya dengan Undang-Undang tersebut, daerah diberi kewenangan untuk
menentukan prototipe pendidikan yang ada di daerahnya masing-masing. Maka
terdapat korelasi antara semangat otonomi daerah dengan proses belajar
mengajar di sekolah. Penyelenggara pendidikan dituntut agar lebih kreatif,
inovatif, dan rekreatif bagi peserta didik. Antara daerah yang satu dengan
daerah yang lain dimungkinkan memiliki muatan kurikulum yang berbeda. Hal
ini disesusaikan dengan potensi serta kemampuan di daerah yang bersangkutan.
Dalam UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003,
disebutkan bahwa Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan
bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Yaitu manusia yang
beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur.
Memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani.
Kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab
kemasyarakatan dan kebangsaan. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan
upaya yang terencana, terarah, terpadu, dan berkesinambungan. Salah satu
upaya tersebut adalah tersedianya prasarana dan sarana yang memadai.
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di SD antara lain
bergantung pada tenaga pendidik dan sarana prasarana. Untuk dapat
mewujudkan prestasi belajar siswa, sebagai siswa harus belajar dan gemar akan
matematika. Suatu kebutuhan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan
harus dimiliki oleh setiap siswa adalah sebagai berikut.
1. Gemar belajar dalam pelajaran matematika.
2. Tidak takut terhadap pelajaran matematika.
3. Selalu mengadakan latihan yang baru saja diterangkan oleh guru.
Sesuai dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia
yang tersedia, sehingga pelajaran matematika tidak ditakuti lagi akan tetapi
disenangi oleh siswa itu sendiri dan pada gilirannya kualitas prestasi belajar
semakin bermutu.
Matematika memiliki objek kajian yang abstrak, memiliki pola pikir
deduktif dan konsisten sehingga dapat membentuk manusia yang berkualitas
tinggi, berdaya guna bermoral, berbudaya, sadar iptek dan bertanggung jawab,
dan mempelajari tentang pola pikir keteraturan, tentang struktur yang
terorganisasi. Pembelajaran matematika di sekolah bertujuan untuk mengacu
pada fungsi matematika serta kepada tujuan pendidikan nasional dan
diungkapkan dalam Garis-garis besar program pengajaran (GBPP) bahwa tujuan
utama diberikannya matematika pada jenjang pendidikan dasar dan menengah,
untuk mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan di
3
dalam kehidupan dunia yang selalu berkembang, melalui bertindak atas dasar
pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efektif, dan efisien serta
mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir
matematika dalam kehidupan sehari-hari, dan dalam mempelajari berbagai ilmu
pengetahuan. Kondisi yang diharapkan agar prestasi belajar siswa meningkat,
guru harus dapat menciptakan suasana yang dapat merangsang siswa agar aktif
dan senang mengikuti proses belajar mengajar. Guru harus memiliki
kemampuan untuk memilih metode yang tepat dalam proses belajar mengajar
Nilai rata-rata tahun yang lalu pada pokok bahasan Kelipatan
Persekutuan Terkecil (KPK) adalah 6,2, karena siswa belum bisa menerapkan
cara mencari kelipatan persekutuan terkecil. Dengan upaya dan cara yang akan
disajikan kepada siswa melalui alat peraga, mudah-mudahan dengan alat peraga
inilah siswa akan paham dan dapat mengerjakannya. Melalui cara ini
diharapkan siswa bisa mengerjakan kelipatan persekutuan terkecil dengan cepat
dan tepat tidak mengalami kesulitan lagi. Bahkan siswa ingin mencoba
membuat soal sendiri, kemudian diujikan kepada teman-temannya sendiri.
Alasan meneliti pada pokok bahasan KPK karena sebagai pendidik
tergugah agar siswa memiliki ketrampilan dalam mata pelajaran matematika.
Sehingga alat peraga yang berupa lipatan kertas yang sudah ada lambang
bilangannya mempermudah menyelesaikan masalah yang dihadapi. Mungkin
alat peraga lainnya membantu siswa secara praktis dan cepat.

4
B. Permasalahan
Rumusuan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut. Apakah
dengan menggunakan alat peraga lipatan kertas yang ada lambang bilangannya
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SD Dukuhwaru 03
Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal ?

C. Penegasan Istilah
Agar tidak menimbulkan persepsi yang bias terhadap judul di atas,
maka penulis jelaskan beberapa istilah yang terdapat pada judul tersebut di atas.
1. Upaya adalah usaha, akal, ikhtiar untuk mencapai suatu maksud,
memecahkan persoalan, mencarai jalan keluar (Kamus besar bahasa
indonesia, Balai Pustaka ,1991:1109)
2. Prestasi adalah hasil yang telah di capai dari yang telah dilakukan,
dikerjakan (penyusun kamus besar bahasa indonesia, 1999 : 787)
3. Belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu (Kamus besar
bahasa indonesia, Balai Pustaka, 1991:14)
4. Kelipatan persekutuan adalah anggota kelipatan suatu bilangan yang sama
dari dua bilangan atau lebih. Sedangkan kelipatan persekutuan terkecil dari
dua bilangan atau lebih adalah kelipatan persekutuan terkecil yang bukan
nol
5. Alat peraga adalah merupakan benda-benda konkret sebagai model dan ide-
ide matematika untuk penerapannya (Tim PKG).

5
6. Lipatan Kertas adalah kertas yang dilipat dengan ukuran yang disesuikan
dan pada lipatan kertas tersebut ditulis lambang bilangan yang merupakan
kelipatan dari dua bilangan atau lebih.
D. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar
siswa kelas VI SD 03 Dukuhwaru Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal
dalam mencari kelipatan persekutuan terkecil melalui alat peraga lipatan kertas
yang ada lambang bilangannya.
E. Manfaat Penelitian
1. Manfaat bagi siswa
a. Siswa diharapkan akan lebih mudah memahami konsep dalam mencari
kelipatan persekutuan terkecil melalui alat peraga lipatan kertas yang
ada lambang bilangannya.
b. Dengan pemanfaatan alat peraga, siswa menjadi tidak jenuh dalam
mengikuti proses belajar mengajar.
c. Prestasi belajar siswa akan lebih meningkat khususnya pada pokok
bahasan kelipatan persekutuan terkecil.
2. Manfaat bagi guru
a. Guru dapat sedikit demi sedikit mengetahui langkah-langkah
pembelajaran yang tepat dan bervariasi.
b. Dapat memperbaiki dan meningkatkan sistem pembelajaran di kelas.
c. Meminimalkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa,
guru, maupun materi pembelajaran.
6
3. Manfaat bagi sekolah
a. Hasil penelitian tindakan kelas ini akan memberikan masukan yang
positif dalam rangka perbaikan proses belajar mengajar.
b. Sekolah akan dapat merespons permasalahan aktual pembelajaran.
c. Dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas lulusan.
F. Sistematika Penulisan Skripsi
Dalam skripsi ini secara garis besar di bagi menjadi tiga bagian, yakni
bagian awal, bagian isi, dan bagian akhir skripsi.
1. Bagian awal
Bagian awal skripsi ini secara berturut-turut berisi halaman judul,
abstrak, halaman pengesahan, halaman motto, persembahan, kata pengantar,
daftar isi, dan daftar lampiran-lampiran.
2. Bagian isi
Bagian isi terdiri dari lima bab yakni :
BAB I PENDAHULUAN, berisi latar belakang masalah, permasalahan,
penegasan istilah, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika
penulisan skripsi.
BAB II LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN, berisi
tinjauan kepustakaan, kerangka berpikir, dan hipotesis tindakan.
BAB III METODE PENELITIAN, memuat lokasi penelitian yang
digunakan dalam penelitian, subjek yang diteliti, prosedur kerja dalam
penelitian yang terdiri dari tiga siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap
yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi, tolok ukur
7
keberhasilan, instrumen penelitian, sumber data, cara pengumpulan data,
dan analisis data.
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN, berisi tentang
pelaksanaan pada siklus 1, siklus 2, siklus 3, dan selanjutnya dibahas hasil
penelitian tersebut.
BAB V PENUTUP, berisikan simpulan dari hasil penelitian ini maka
dikemukakan saran-saran dan penutup.
3. Bagian akhir skripsi
Pada bagian akhir skripsi ini berisikan daftar pustaka yang memberikan
informasi tentang buku sumber yang digunakan sebagai acuan dalam
penulisan skripsi ini, dan lampiran-lampiran dari hasil penelitian dan
instrumen penelitian.


=========================  DOWNLOAD  BAB1-5   =========================

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s