STUDI PELAKSANAAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI DI PT POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR POS II SEMARANG

Posted: March 28, 2011 in Manajemen

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Suatu perusahaan yang didirikan mempunyai beberapa tujuan,
tujuan yang dimaksud adalah mencari laba, berkembang, memberi lapangan
kerja, memenuhi kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa. Tujuan
perusahaan dapat dicapai apabila manajemen mampu mengelola,
menggerakkan dan menggunakan sumber daya manusia yang dimilikinya
secara efektif dan efisien.
Perusahaan adalah organisasi yang merupakan kumpulan orang-
orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Peranan manusia dalam organisasi sebagai pegawai atau karyawan
memegang peranan yang menentukan, karena hidup matinya organisasi
semata-mata tergantung pada manusia. Karyawan merupakan faktor penting
dalam setiap organisasi baik dalam pemerintah maupun swasta. Karyawan
merupakan factor penentu dalam pencapaian tujuan perusahaan ataupun
instansi secara efektif dan efisien, karyawan yang menjadi penggerak dan
penentu jalannya organisasi.
Untuk mencapai produktivitas kerja karyawan yang tinggi bukan
hal yang mudah utuk dilaksanakan. Faktor yang sangat penting untuk
mencapai produktivitas kerja yang tinggi adalah pelaksanaan disiplin kerja
dari para karyawan, karena hal tersebut merupakan salah satu faktor penentu
bagi keberhasilan dan kemajuan dalam mencapai tujuan perusahaan.
Kedisiplinan adalah kesadaran dan kesediaan seseorang menaati semua
peraturan perusahaan dan norma-norma sosial yang berlaku ( Hasibuan,
2002: 193 ).
Disiplin kerja disini adalah mengenai disiplin waktu kerja, dan
disiplin dalam menaati peraturan yang telah ditetapkan dalam perusahaan.
Dengan adanya kesadaran yang tinggi dalam melaksanakan aturan-aturan
perusahaan yang diwujudkan dalam disiplin kerja yang tinggi, maka suatu
produktivitas kerja juga akan tercapai.
Perusahaan tidak perlu bersikap lemah dalam menghadapi
karyawan. Seorang pemimpin yang lemah bukan hanya akan mengacaukan
jalannya perusahaan tetapi juga akan kehilangan rasa hormat dari para
bawahannya. Selama perusahaan telah mempunyai peraaturan permainan
dan telah disepakati bersama, maka pelanggaraan terhadap peraturan
permainan ini haruslah dikenakan tindakan pendisiplinan (Heidjrachman
dkk, 1990 : 240).
PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos II Semarang adalah suatu
perusahaan yang bersifat jasa dimana tujuan dari PT POS Indonesia
(Persero) itu sendiri adalah berorientasi kepada kepuasan pelanggan.
Pelanggan akan merasa puas apabila semua karyawan bekerja dengan
disiplin. Disiplin harus diterapkan dengan segera dan secepat mungkin serta
diterapkan secara konsisten. Demikian pula setiap orang berdisiplin sudah
tidak mustahil, baik dalam instansi atau organisasi dimana mereka bekerja
akan memperlihatkan sebagai suatu organisasi yang sehat, suatu organisasi
dengan iklim yang sehat, yang kuat dengan prestasi yang dapat dihandalkan.
Pada kenyataannya tahun 2005 PT Pos Indonesia (Persero) Kantor
Pos II Semarang dalam pelaksanaan disiplin kerjanya cukup bagus, namun
demikian masih tedapat 2 % dari 213 pegawai yang dating terlambat,
beberapa pegawai bekerja tidak optimal atau tidak sesuai dengan ketentuan
jam kantor, dan kurang memberikan pelayanan yang optimum pada
pelanggan. Berdasarkan kenyataan tersebut belum sesuai dengan teori, maka
penulis perlu melakukan penyusunan tugas akhir dengan judul “STUDI
PELAKSANAAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI DI PT POS
INDONESIA (PERSERO) KANTOR POS II SEMARANG”.

1.2 Perumusan Masalah
1. Bagaimanakah pelaksanaan disiplin kerja pegawai di PT Pos Indonesia
(Persero) Kantor Pos II Semarang
2. Faktor-faktor apa saja yang mendukung kedisiplinan kerja pegawai di
PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos II Semarang ?
3. Fakto-faktor apa saja yang menghambat kedisiplinan kerja pegawai di
PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos II Semarang ?

1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui pelaksanaan disiplin kerja pegawai di PT Pos
Indonesia (Persero) Kantor Pos II Semarang.

2. Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung kedisplinan kerja pegawai di
PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos II Semarang.
3. untuk mengetahui faktor-faktor penghambat kedisplinan kerja pegawai
di PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos II Semarang.

1.4 Manfaat Penelitian
1. Manfaat Praktis
a. Sebagai bahan masukan bagi karyawan khususnya para pegawai di
PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos II Semarang agar dapat
melaksanakan disiplinkerja pegawai
b. Sebagai bahan masukan bagi manajemen PT Pos Indonesia (Persero)
Kantor Pos II Semarang dalam menentukan kebijakan yang
berhubungan dengan pelaksanaan disiplin kerja pegawai PT Pos
Indonesia (Persero) Kantor Pos II Semarang.
2. Manfaat Teoritis
a. Bagi civitas akademika sebagai perbendaharaan tambahan
pengetahuan mengenai sikap disiplin kerja pegawai di PT Pos
Indonesia (Persero) Kantor Pos II Semarang.
b. Bagi penulis sebagai tambahan pengetahuan tentang pelaksanaan
disiplin kerja pegawai di PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos II
Semarang.
c. Bagi penulis Tugas Akhir selanjutnya sebagai khasanah bacaan lebih
lanjut untuk menelitti tentang pelaksanaan disiplin kerja pegawai di
PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos II Semarang.

1.5 Sistematika Penulisan
1. Bagian awal dari tugas akhir ini berisi halaman judul, halaman
pengesahan, halaman motto dan persembahan, kata pengantar, halaman
isi, dan daftar lampiran..
2. Bagian inti terdiri dari lima bab yang diuraikan sebagai berikut :
Bab I memuat pendahuluan yang berisi judul, latar belakang,
permasalahan, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan
sistematika tugas akhir.
Bab II memuat landasan teori yang membantu dalam
memmecahkan permasalahan
Bab II metode penelitian berisi tentang populasi dan sample,
sumber dan jenis data, metode pengumpulan data, dan
metode analisis data.
Bab IV berisi hasil penelitian dan pembahasan
Bab V penutup berisi kesimpulan dari hasil penelitian dan saran
yang bersifat membangun.
3. bagian akhir dari tugas akhir ini adalah daftar pustaka dan lampiran.

 

======================= DOWNLOAD BAB1-5 =======================

About these ads
Comments
  1. kamal says:

    thnks banget ts ketemu juga buat bahan referensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s