ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN NY. S DENGAN DIABETES MELLITUS DI RUANG KHOTIJAH RUMAH SAKIT ROEMANI SEMARANG

Posted: March 12, 2011 in Keperawatan (D3)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang
Diabetes Mellitus merupakan suatu keadaan hiperglikemia yang ditandai oleh keadaan absolute insulin yang bersifat kronik yang dapat mempengaruhi metabolisme karbohidrat. Protein dan lemak yang disebabkan oleh sebuah ketidak seimbangan atau ketidak adanya persediaan insulin atau tak sempurnanya respon seluler terhadap insulin ditandai dengan tidak teraturnya metabolisme.
Penyakit diabetes mellitus ini banyak dijumpai di Amerika Serikat. Penderita diabetes mellitus sekitar 11 juta atau 6% dari populasi yang ada dan diabetes mellitus menduduki peringkat ketiga setelah jantung dan kanker Sedangkan di Indonesia penderita diabetes mellitus ada 1,2 % sampai 2,3% dari penduduk berusia 15 tahun. Sehingga diabetes mellitus tercantum dalam urutan nomor empat dari proses prioritas pertama adalah penyakit kardiovaskuler kemudian disusul penyakit serebro vaskuler, geriatric, diabetes mellitus, reumatik dan katarak sehingga diabetes mellitus ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi. (Donna D. ignativius, 1993).
Dalam proses perjalanan penyakit diabetes mellitus dapat timbul komplikasi baik akut maupun kronik komplikasi akut dapat diatasi dengan pengobatan yang tepat antara lain ketoasidosis. Hiperosmolar non ketotik koma dan toksik asidosis. Sedangkan komplikasi kronik timbul setelah beberapa tahun seperti mikroangiopati, neuropati, nefropati dan retinopati dan makro angiopati kardiovaskuler dan peripheral vaskuler. (Brunner & Suddarth, 2000).
Perawatan secara umum untuk penderita diabetes mellitus diit, olah raga, atau latihan fisik dan obat hiperglikemia (anti diabetic) dan untuk olah raga atau latihan fisik yang dianjurkan pada penderita diabetes mellitus itu meliputi latihan ringan yang dapat dilakukan ditempat tidur untuk. penderita di rumah sakit latihan ini tidak memerlukan persiapan khusus cukup gerak ringan diatas tempat tidur kurang lebih 5 sampai 10 menit misalnya menggerakkan kedua tangan, ujung jari, kaki dan kepala. Selain itu bisa dilakukan senam, senam ini harus disertai dengan kemampuan ini harus disesuaikan dengan kemampuan kondisi penyakit penyerta.
Didalam perawatan penyakit diabetes mellitus merupakan penyakit yang memerlukan perawatan dan penanganan seumur hidup. Maka banyak klien yang keluar masuk rumah sakit. Oleh karena itu peran perawat sangat diharapkan tidak hanya terhadap keadaan fisik klien tetapi juga psikologis klien juga perawat diharapkan dapat memberikan motivasi dan edukasi kepada klien tentang tentang pentingnya kepatuhan klien terhadap klien dan perawat dengan tidak mengesampingkan aspek asuhan keperawatan yang lain.

B. Tujuan Penulisan
1. Dengan menggunakan proses keperawatan
2. Mampu melakukan upaya pemecahan masalah yang ada pada kasus pendekatan proses .Mampu memberikan Asuhan Keperawatan pada pasien secara benar dalam perawatan
3. Mampu menggunakan faktor-faktor yang menghambat dan mendukung serta mempermasalahkan yang muncul dari asuhan keperawatan yang diberikan

C. Metode Penulisan
Dalam penulisan karya tulis ilmiah ini menggunakan metode studi kasus, dengan pendekatan proses keperawatan guna mengumpulkan data. Analisa data dan menarik kesimpulan untuk memperoleh bahan atau materi yang digunakan dalam penyusunan karya tulis ini.
Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengumpulan adalah sebagai berikut :
1. Studi Kepustakaan
Studi kepustakaan adalah cara penelitian dengan mengumpulkan data secara komprehensif untuk mendapatkan data atau bahan yang berhubungan dengan penderita diabetes mellitus dalam rangka mendapatkan dasar teoritis dengan jalan membaca buku catatan kuliah, makalah literature atau referensi.
2. Tinjauan Kasus
Dengan cara mengadakan observasi pada pasien yang dirawat di rumah sakit Roemani Semarang khususnya yang ada hubungan dengan judul diatas
3. Dokumenter
Yang diambil dari catatan medis untuk menyesuaikan melaksanakan kegiatan teori dengan tehnik studi dokumenter ini akan lebih mendukung kepada data yang telah diambil dengan cara lain sebagai data yang diperoleh lebih bisa dipercaya.
4. Komunikasi atau Wawancara
Yaitu dengan mengadakan wawancara dengan penderita maupun keluarganya dalam rangka mengumpulkan data mengenai riwayat kesehatan pasien tersebut.

D. Sistematika Penulisan
BAB I:Pendahuluan yang berisi Latar Belakang, Tujuan Penulisan, Metode dan Tehnik Penulisan.
BAB II:Konsep Dasar yang berisi Pengertian, Anatomi dan Fisiologi, Etiologi, Patofisiologi, Manifestasi klinik, Penatalaksanaan Komplikasi, Pengkajian Fokus, Pathways, Fokus Intervensi dan Rasional.
BAB III:Tinjauan kasus, Pengkajian, Pathways, Diagnosa Keperawatan, Intervensi, Implementasi, Evaluasi.
BAB IV:Pembahasan yang berisi Membahas Kesenjangan antara BAB II dan BAB III.
BAB V :Kesimpulan dan Saran. Daftar Pustaka.

(download komplet : bab1, bab2, bab3, bab4, bab5, daftarpustaka)
kes (1)

Comments
  1. dannieAzure says:

    Assalamu’alaikum.
    Bisakah minta tlog utk ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN NY. S DENGAN DIABETES MELLITUS DI RUANG KHOTIJAH RUMAH SAKIT ROEMANI SEMARANG keseluruhan file’nya dikirimkan ke email saya?

    dannie_azure@ymail.com

    Karena sya kesulitan utk mendownload, dan sya butuh utk referensi tugas makul sya.
    Thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s