HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN GIZI IBU DENGAN SUMBANGAN ENERGI DAN PROTEIN SARAPAN PAGI PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK MASYITOH 08 KRAMATSARI KOTA PEKALONGAN

Posted: March 22, 2011 in Gizi (D3)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Anak yang berprestasi adalah investasi sumber daya manusia yang berharga bagi keluarga, nusa, dan bangsa. Untuk mewujudkan impian akan anak yang berprestasi, selain diperlukan pendidikan yang baik dan berkualitas, juga harus memperhatikan kebutuhan gizi yang cukup. Hal itu untuk menunjang proses tumbuh kembang anak agar dapat tumbuh dan berkembang lebih optimal. Sehingga lebih mudah dan cepat menerima masukan dalam proses belajar-mengajar anak di sekolah serta meningkatkan konsentrasi belajar (Rumah Sakit Dr.Cipto Mangunkusumo dan Persatuan Ahli Gizi Indonesia,2003).
Tingkat kecukupan pemenuhan kebutuhan gizi anak dapat dilihat dari menu dan pola konsumsi sarapan pagi anak sebelum memulai aktifitas di sekolah. Dalam bidang ilmu gizi dan kesehatan, anak dapat dikelompokkan menjadi: Anak Pra Sekolah (4-6 tahun), Anak Sekolah (7-12 tahun), dan Remaja (13-18 tahun) (Rumah Sakit Dr.Cipto Mangunkusumo dan Persatuan Ahli Gizi Indonesia, 2003).
Anak pra sekolah (usia 4-6 tahun) termasuk golongan usia rawan terhadap masalah gizi, yaitu gizi buruk dan gizi kurang. Anak usia pra sekolah sedang dalam masa pertumbuhan sehingga kebutuhan energi dan protein meningkat dibandingkan dengan kelompok umur yang lain. Anak pra sekolah belum bisa memilih menu sarapan pagi yang banyak mengandung energi dan protein, yang akan digunakan untuk aktifitas hari itu (Rumah Sakit Dr.Cipto Mangunkusumo dan Persatuan Ahli Gizi Indonesia, 2003).
Pendidikan dan pengetahuan gizi ibu dapat mempengaruhi pemberian menu sarapan pagi. Seorang ibu yang pendidikannya tinggi dan pengetahuan gizinya baik diharapkan dapat menyiapkan sarapan pagi yang cukup mengandung energi dan protein, serta zat gizi lainnya. Energi dan protein sangat penting karena dua zat gizi ini memberikan peranan penting dalam tubuh (Winarno, F.G.,1997).
Pada penelitian pendahuluan, diketahui bahwa anak pra sekolah di TK Masyitoh 08 Kramatsatri Kota Pekalongan dalam pemberian sarapan pagi sangat beragam. Orang tua ada yang hanya memberi uang saku pada saat anak akan berangkat sekolah dan ada pula orang tua yang menyiapkan sarapan pagi di rumah. Selain itu, pendidikan ibu juga bervariasi.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan “Apakah Ada Hubungan Pendidikan dan Pengetahuan Gizi Ibu dengan Sumbangan Energi dan Protein Sarapan Pagi Pada Anak Usia Pra Sekolah Di TK Masyitoh 08 Kramatsari Kota Pekalongan?”

C. Tujuan Penelitian
1. Tujuan Umum
Mengetahui hubungan pendidikan dan pengetahuan gizi ibu dengan sumbangan energi dan protein sarapan pagi pada anak usia pra sekolah di TK Masyitoh 08 Kramatsari Kota Pekalongan.
2. Tujuan Khusus
a. Mendeskripsikan pendidikan ibu
b. Mendeskripsikan pengetahuan gizi ibu
c. Mendeskripsikan sumbangan energi sarapan pagi
d. Mendeskripsikan sumbangan protein sarapan pagi
e. Menganalisis hubungan pendidikan ibu dengan sumbangan energi sarapan pagi
f. Menganalisis hubungan pendidikan ibu dengan sumbangan protein sarapan pagi
g. Menganalisis hubungan pengetahuan gizi ibu dengan sumbangan energi sarapan pagi
h. Menganalisis hubungan pengetahuan gizi ibu dengan sumbangan protein sarapan pagi

D. Manfaat Penelitian
1. Bagi orang tua murid: memberikan pemahaman dan penekanan tentang manfaat sumbangan energi dan protein sarapan pagi pada anak usia pra sekolah.
2. Bagi institusi: sebagai masukan bagi TK Masyitoh 08 Kramatsari Kota Pekalongan tentang sarapan pagi pada anak usia pra sekolah sehingga dapat diupayakan untuk membiasakan sarapan.

 

=======================  DOWNLOAD BAB1-5,   DP =======================
kes (168)

Comments
  1. Aulia says:

    anak sya dua (5,5 th TB 108cm BB 17kg dan 2th TB 79 BB 11kg)… Sangat sulit untuk sarapan… Mkanannya hnya suka telor dan tahu goreng, bayam,brokoli dan wortel… Mhn informasinya, apkh anak sy tumbuh optimal? Dan mhn receipe mkan variasinya…thq..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s