HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN GIZI DENGAN STATUS GIZI IBU HAMIL DI DESA BOJONG LOR KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN

Posted: March 28, 2011 in Gizi (D3)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Masalah gizi di Indonesia saat ini masih merupakan salah satu masalah kesehatan yang perlu diperhatikan. Semenjak Krisis Moneter (Krismon) melanda Indonesia pada tahun 1997, berakibat pada ketidakstabilan harga bahan pangan, kemungkinan membuat konsumsi makan masyarakat ekonomi rendah bergeser yang biasanya 3 x sehari menjadi 2 x sehari, bahkan ada yang tidak makan makanan yang memenuhi syarat gizi (Soekirman, 2000).
Kurang Energi Kronis (KEK) merupakan salah satu masalah gizi akibat konsumsi makan yang tidak cukup mengandung energi protein, atau adanya gangguan kesehatan (Soekirman, 2000). Sebab lain dari terjadinya masalah tersebut adalah rendahnya pendidikan dan kurangnya pengetahuan tentang gizi, atau kemampuan untuk menerapkan informasi gizi dalam kehidupan sehari-hari (Berg, 1985). Tinggi rendahnya pendidikan dan pengetahuan tentang gizi erat kaitannya dengan keadaan gizi masyarakat, termasuk gizi ibu hamil (Depkes, 2000).
Kehamilan adalah adanya perubahan fisik dari ibu akibat perubahan keadaan hormon yang disertai gejala-gejala seperti mual, muntah, dan lain-lain. Selama hamil, terjadi peningkatan daya metabolisme energi. Sebagian ibu hamil mengalami penyesuaian fisiologik dan metabolik selama mengandung yang sesuai dengan proses-proses anabolik yang terjadi dalam janin dan plasenta. Sebagai akibat dari proses anabolisme tersebut, kebutuhan zat gizi umumnya meningkat selama kehamilan. Karena itu, penting sekali bagi ibu hamil mengkonsumsi makanan yang cukup, khususnya energi dan protein (Sarwono Prawiroharjo, 1997).
Peluang untuk melahirkan bayi sehat dan selamat dimungkinkan bila kondisi kesehatan ibu baik. Namun kenyataannya, masih banyak ibu hamil yang menderita gizi kurang, utamanya KEK. Penderita KEK mempunyai resiko melahirkan bayi berat badan rendah (BBLR) dan kematian ibu bersalin karena pendarahan (Depkes, 1995).
Di Jawa Tengah, prevalensi KEK ibu hamil sebanyak (18,45%) dan prevalensi KEK di Kabupaten Pekalongan (16,2%). Sedangkan tingkat Kecamatan Bojong (16,2%), dan di Desa Bojong Lor (15,5%) (Dinkes Kabupaten Pekalongan, 2007). Prosentase KEK ibu hamil Desa Bojong Lor merupakan prosentase tertinggi dibanding dengan desa lain di wilayah Kecamatan Bojong.Sebagian besar tingkat pendidikan ibu hamil adalah pendidikan dasar.
Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis ingin melakukan penelitian mengenai hubungan antara tingkat pendidikan dan pengetahuan gizi dengan status gizi ibu hamil di Desa Bojong Lor Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan “Apakah Ada Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Gizi dengan Status Gizi Ibu Hamil di Desa Bojong Lor Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan?”

C. Tujuan Penelitian
1. Tujuan Umum
Mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan gizi dengan status gizi ibu hamil di Desa Bojong Lor Kecamatan Bojong Kabupten Pekalongan.
2. Tujuan Khusus
a. Mendeskripsikan tingkat pendidikan ibu hamil di Desa Bojong Lor Kecamatan Bojong Kabupten Pekalongan.
b. Mendeskripsikan tingkat pengetahuan gizi ibu hamil di Desa Bojong Lor Kecamatan Bojong Kabupten Pekalongan.
c. Mendeskripsikan status gizi ibu hamil di Desa Bojong Lor Kecamatan Bojong Kabupten Pekalongan.
d. Menganalisis hubungan antara tingkat pendidikan dengan status gizi ibu hamil di Desa Bojong Lor Kecamatan Bojong Kabupten Pekalongan.
e. Menganalisis hubungan antara tingkat pengetahuan gizi ibu hamil dengan status gizi ibu hamil di Desa Bojong Lor Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan.

D. Manfaat Penelitian
1. Bagi masyarakat :
Memberikan informasi tentang hubungan pendidikan dan pengetahuan gizi ibu hamil dengan status gizi pada ibu hamil.
2. Bagi institusi kesehatan:
Sebagai masukan bagi perencana program gizi dalam penyusunan kebijakan program gizi yang akan datang.

 

 

======================= DOWNLOAD BAB1-5 =======================

Comments
  1. hanna says:

    boleh minta contoh data responden dan daftar pustakanya..?terimakasih

  2. terima kasih post ini sangat membantu…. :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s