HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU BALITA TENTANG POSYANDU DENGAN TINGKAT KEHADIRAN BALITA USIA 12 – 59 BULAN DI POSYANDU DESA KARANGANYAR KEC REBAN KAB BATANG

Posted: March 28, 2011 in Gizi (D3)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Usaha Perbaikan Gizi Keluarga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keadaan gizi masyarakat, yang sebagian kegiatannya dilaksanakan di posyandu. Usaha Perbaikan Gizi Keluarga ini dititikberatkan pada kegiatan penyuluhan gizi dengan menggunakan pesan – pesan gizi sederhana, pelayanan gizi, pemanfaatan lahan pekarangan, yang secara keseluruhan kegiatan tersebut dapat dilaksanakan oleh masyarakat sendiri ( Depkes RI, 1992 ).
Kegiatan yang dilakukan untuk menanggulangi masalah gizi antara lain dengan penimbangan secara berkala anak-anak dibawah lima tahun (Balita ) yang pada hakekatnya merupakan perpaduan dari kegiatan pendidikan gizi, monitoring gizi, dan intervensi gizi melalui usaha – usaha Pos Pelayanan Terpadu ( Posyandu). Kegiatan ini bertolak dari usaha swadaya masyarakat dan sepenuhnya dilakukan oleh tenaga sukarela desa yang telah mendapat latihan dibawah pengawasan dari Puskesmas.
Usaha – usaha tersebut tidak akan berdaya guna dan berhasil guna tanpa didukung oleh usaha – usaha lain secara terpadu. Oleh karena itu usaha penanggulangan masalah gizi memerlukan kerjasama dan koordinasi yang mantap antara berbagai sektor pembangunan. Lebih dari itu, keberhasilan
penanggulangan gizi sangat tergantung dari partisipasi aktif masyarakat yang ditandai oleh tingkat kehadiran ibu – ibu balita di posyandu. Salah satu indikator keberhasilan posyandu dalam usaha perbaikan gizi adalah angka pencapaian program (N/S) yang tinggi. Pencapaian angka N/S ini perlu didukung oleh pencapaian angka partisipasi masyarakat (D/S ) yang tinggi pula. D/S menunjukkan perbandingan jumlah anak balita yang hadir dan ditimbang di posyandu dengan jumlah semua anak balita yang ada di suatu wilayah posyandu. D/S juga merupakan suatu rasio tingkat kehadiran anak balita di posyandu. ( Depkes RI, 2001 )

Pendidikan dan pengetahuan merupakan hal yang penting bagi manusia, yang dapat mengubah persepsi mengenai suatu hal. Pengetahuan, diartikan sebagai pengalaman yang kita alami. Pengalaman – pengalaman itu harus disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga menjadi suatu keseluruhan yang berkaitan satu sama lain sebagai suatu gejala yang dapat diterangkan. Dengan pendidikan dan pengetahuan yang dimilikinya diharapkan seorang ibu akan dapat meningkatkan dan berperan aktif dalam kegiatan posyandu dan akan selalu berperilaku, bertindak dan bersikap untuk mendorong perilaku kesehatan ( Notoatmodjo, 1993 )
Keberadaan posyandu dalam masyarakat memegang peranan yang cukup penting, namun masih banyak anggota masyarakat yang belum memanfaatkan nya secara maksimal. Ada kecenderungan masyarakat ( terutama ibu – ibu ) masih terkesan enggan untuk ikut secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan posyandu. Dan gejala ini semakin nyata pada balita usia 12 bulan – 59 bulan karena usia tersebut telah lulus dari pemberian program imunisasi dasar. Artinya tingkat partisipasi masyarakat dalam posyandu belum menggembirakan, sebagaimana yang terjadi di wilayah Desa Karanganyar Kecamatan Reban.
Desa Karanganyar memiliki 2 (dua ) posyandu dan masih dalam tingkatan posyandu pratama yaitu posyandu yang masih belum mantap. Kegiatannya belum bisa rutin dan kader aktifnya terbatas. Hal ini dapat dilihat dari indikator yang ada dalam posyandu yaitu rata – rata tingkat kehadiran balita ( D/S) kurang dari 50%, sedangkan kader yang aktif 2 –3 orang dari 5 kader yang ada tiap posyandu.
Berdasarkan data di Desa Karanganyar cakupan D/S tahun 2005 sebesar 42,6 % yang terdiri dari 71,4% untuk usia 0 – 11 bulan, usia 12 – 59 bulan yaitu 33,3%. Angka ini merupakan terendah dan dibawah angka rata – rata cakupan D/S wilayah kerja Puskesmas Reban tahun yang sama yaitu 65,12 % yang terdiri dari 84% usia 0 – 11 bulan dan 53% untuk usia 12- 59 bulan ( Profil Puskesmas Reban, 2005 ). Angka tersebut juga masih di bawah target Kabupaten Batang yaitu sebesar 80 % ( Dinkesos Kab. Batang, 2005 ).
Rendahnya tingkat kehadiran balita di posyandu dapat disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah tingkat pendidikan ibu, tingkat pengetahuan ibu balita tentang posyandu. ( Depkes RI, 1990 ).

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang menjadi permasalahan “apakah ada hubungan antara tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu tentang posyandu dengan tingkat kehadiran balita usia 12 -59 bulan di posyandu Desa Karanganyar Kecamatan Reban Kabupaten Batang. ”

C. Tujuan Penelitian
1. Tujuan Umum
Mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu tentang posyandu dengan tingkat kehadiran balita usia 12-59 bulan di posyandu Desa Karanganyar Kecamatan Reban Kabupaten Batang.
2. Tujuan Khusus
a. Mendeskripsikan tingkat pendidikan ibu balita.
b. Mendeskripsikan tingkat pengetahuan ibu tentang Posyandu
c. Mendeskripsikan tingkat kehadiran balita usia 12 – 59 bulan di Posyandu.
d. Menganalisis hubungan tingkat pendidikan dengan tingkat kehadiran balita usia 12 – 59 bulan di posyandu.
e. Menganalisis hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang posyandu dengan tingkat kehadiran balita 12 – 59 bulan di Posyandu.

D. Manfaat Penelitian
1. Bagi masyarakat dapat dijadikan sebagai bahan kajian informasi tentang kegiatan keterpaduan yang dilaksanakan di posyandu.
2. Bagi penentu kebijakan dapat dijadikan sebagai bahan masukan kebijakan program peningkatan upaya – upaya kegiatan di bidang gizi dan kesehatan.
3. Bagi pengelola program dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk memotivasi masyarakat demi tercapainya angka partisipasi masyarakat ( D/S ) / tingkat kehadiran anak balita yang lebih baik di posyandu.

 

 

======================= DOWNLOAD BAB1-5 =======================

Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s