HUBUNGAN KEJADIAN INFEKSI SOIL TRANSMITTED HELMINTHS DENGAN PRAKTIK HIGIENE PEKERJA PENGANGKUT SAMPAH DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN

Posted: July 14, 2011 in Kesehatan Masyarakat

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Manusia merupakan hospes dari nematoda usus yang siklus hidupnya melalui tanah. Spesies nematoda usus disebut “Soil transmitted helminths” sedang yang terpenting bagi manusia adalah Ascaris lumbricoides, Trichuris trichiura, Ancylostoma duodenale, Strongyloides stercolaris.1)
Di negara yang beriklim tropis infeksi cacing nematoda usus, diantaranya infeksi yang disebabkan cacing Soil Transmitted Helminths cacing ini tumbuh dan berkembangbiak. Sehingga derajat infeksi dapat mencapai 100 % dari jumlah penduduk. 2) Akibat dari infeksi cacing Soil Transmitted Helminths (STH) adalah gangguan pencernakan dan absorbsi makan, cacing ini ditemukan diusus halus. Keluhan yang lazim ditemukan pada penderita STH adalah nafsu makan menurun, gatal-gatal, lemah letih lesu karena kurang darah. 3)
Kelompok risiko tinggi terpaparnya infeksi STH adalah segala aktivitas yang berhubungan langsung dengan tanah termasuk pekerja pengangkut sampah. Mereka sangat rentan terinfeksi oleh mikroorganisme patogen dan infeksi cacing perut terutama yang disebabkan cacing STH. Penggunaan masker, sarung tangan, sepatu bot dalam bekerja pada pekerja pengangkut sampah dapat menghindari langsung terpaparnya parasit cacing dalam sampah.
TPA adalah tempat pembuangan akhir, semua sampah yang berada di TPS ( Tempat Pembuangan Sementara ) diangkat dibawa ke TPA untuk proses pemusnahan. Pekerja pengangkut sampah hampir setiap hari kontak langsung dengan TPA, padahal mikroorganisme dalam sampah sangat berbahaya penyebab penyakit infeksi. TPA Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan menampung sampah yang ada diseluruh kecamatan yang ada di Kebupaten Pekalongan, TPA terletak di pegunungan tepatnya di Linggo Asri. Kurangnya kesadaran hygiene personal dan penggunaan APD serta sanitasi lingkungan di TPA yang tidak semestinya menjadi sorotan untuk diteliti tentang kejadian infeksi cacing STH dengan praktik higiene pekerja pengangkut sampah di TPA.

B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut “Adakah hubungan kejadian infeksi Soil Transmitted Helminths dengan praktik higiene pekerja pengangkut sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan ?“

C. Tujuan Penelitian
1. Tujuan Umum
Mengetahui hubungan kejadian infeksi Soil Transmitted Helminths dengan praktik higiene pekerja pengangkut sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan.
2. Tujuan Khusus
a. Mengetahui kejadian infeksi Soil Transmitted Helminths pada pekerja pengangkut sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan
b. Mengetahui praktik higiene pekerja pengangkut sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan.
c. Menganalisa hubungan antara kejadian infeksi Soil Transmitted Helminths dengan praktik higiene pekerja pengangkut sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan.

D. Manfaat Penelitian
1. Dengan diketahui adanya kejadian infeksi STH pada pekerja pengangkut sampah maka perlu adanya kewaspadaan untuk menjaga kesehatan agar tidak terjangkit infeksi yang sama.
2. Memberikan informasi kepada Dinas Kesehatan Kota / Kabupaten Pekalongan dan Dinas Kebersihan Kota / Kabupaten Pekalongan sebagai bahan pertimbangan dalam menjalankan fungsi pemantauan dan pengendalian dampak negatif yang disebabkan oleh parasit pengganggu sehingga menjamin terlindungnya masyarakat dari kemungkinan-kemungkinan terjangkitnya penyakit menular yang ditularkan melalui parasit.
B. Bidang Ilmu
Bidang ilmu penelitian ini adalah ilmu kesehatan masyarakat khususnya yang menyangkut personal higiene dan parasitologi

======================= DOWNLOAD BAB1-5 =======================

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s